Thursday, April 7, 2016

Makanan yang Mengandung Zat Besi Tinggi

Zat besi merupakan salah satu mineral pentingyang diperlukan oleh tubuh manusia. Hal ini mengingat fungsi dari zat besi adalah untuk membantu mengangkut oksigen dari paru-paru menuju ke seluruh tubuh. Zat besi sendiri tergabung dengan oksigen dalam paru-paru serta membantu melepaskan oksigen dalam darah. Dengan fungsi penting dari zat besi, tak heran apabila tubuh membutuhkan kandungan zat besi yang diperlukan untuk daya tahan tubuh yang normal.

Perlu diketahui bahwa kekurangan zat bisa dapat menyebabkan terhambatnya pasokan dari hemoglobin atau sel darah merah. Adapun penyakit dari kekurangan dari sel darah merah adalah anemia. Gejala dari anemia ini sendiri seperti merasa cepat lemas, pucat, pusing, dan bahkan dapat menyebabkan masalah seperti cepat menyebabkan pingsan. Nah pada pembahasan kali ini akan membahas mengenai beberapa makanan yang mengandung zat besi tinggi.

Berikut Makanan yang Mengandung Zat Besi Tinggi

Daun Bayam

Daun bayam merupakan salah satu sumber makanan yang mengandung zat besi tinggi. Di dalam dau bayam mengandung zat besi yang membantu untuk menjaga kesehatan tubuh seperti membantu mengurangi gejala anemia atau kekurangan darah. Oleh sebab itu jangan ragu untuk mengonsumsi sayur bayam ke dalam menu harian Anda. Namun perlu diketahui pula bahwa daun bayam ini sebaiknya dimasak jangan terlalu lama. Hal ini dikarenakan untuk mengurangi kehilangan nutrisi yng terkandung di dalam bayam.

Kangkung

Selain sayur bayam, makanan yang mengandung zat besi tinggi lainnya adalah kangkung. Kangkung merupakan sumber makanan yang tak hanya mengandung zat besi saja melainkan mengandung nutrisi penting lainnya seperti kalsium, kalium, zat besi, vitamin A, dan juga vitamin B. Anda bisa mengonsumsi kangkung dengan cara ditumis. Perlu diketahui pula bagi Anda yang merebus atau menumis, usahakan jangan terlalu lama untuk menghindari kehilangan nutrisi.

Roti Gandum

Makanan yang mengandung zat besi tinggi berikutnya adalah roti gandum. Roti gandum menjadi salah satu sumber makanan yang mengandung serat tinggi. Selain mengandung serat, ternyata roti gandum juga mengandung zat besi yang cukup tinggi. Adapun manfaat dari roti gandum ini seperti membantu menjaga kesehatan pencernaan sampai dengan mencegah penyakit berbahaya seperti jantung dan juga penyakit kanker.

Kacang Hijau dan Kacang Kedelai

Sumber makanan berikutnya yang mengandung zat besi adalah kacang hijau, kacang tanah, dan juga kacang kedelai. Ketiga jenis kacang tersebut mengandung kandungan zat besi tinggi yang baik untuk tubuh. Di dalam 100 gram kacang kedelai mengandung 10 mg zat besi. Sedangkan di dalam 100 gram kacang hijau mengandung 7,5 mg zat besi. Selain kedua jenis kacang di atas, kacang tanah diketahui juga mengandung zat besi.

Daging Sapi

Seperti yang mungkin kita ketahui bahwa daging sapi kaya akan protein hewani yang baik untuk proses  pertumbuhan pada anak. Namun tahukah Anda selain mengandung protein hewani, daging sapi juga mengandung kandungan seperti zat besi. Di dalam 100 gram daging sapi segar mengandung sekitar 2,8 mg zat besi dan juga 14 gram lemak.

Demikianlah tadi pembahasan mengenai beberapa sumber makanan yang mengandung zat besi tinggi. Selain mengandung zat besi, sumber makanan di atas juga mengandung nutrisi lain yang dibutuhkan oleh tubuh. Adapun sumber makanan yang mengandung zat besi lainnya seperti ikan, telur, yoghurt, dan sumber makanan lainnya.

Baca

No comments:

Post a Comment