Saturday, April 9, 2016

Manfaat Penghijauan bagi Manusia

Pemanasan global saat ini bukanlah isu pada lingkungan, melinkan berupa fakta masalah pada lingkungan yang harus dicegah. Pasalnya dengan pemanasan global ini dapat menyebabkan pergantian iklim yang susah untuk diprediksi. Selain itu dengan pemanasan global dapat menyebabkan suhu panas di bumi meningkat, sehingga menyebabkan es di kutub mencair secara perlahan. Pemanasan global ini disebabkan karena berbagai faktor seperti asap kendaraan, asap pabrik, efek rumah kaca, dan banyak lagi.

Nah oleh sebab itu ada baiknya apabila pemanasan global ini dicegah dengan memperhatikan dan menjaga lingkungan sekitar. Aksi nyata yang bisa dilakukan untuk mencegah pemanasan global seperti melakukan penghijauan pada lingkungan. Penghijauan pada lingkungan pastinya memiliki banyak manfaat bagi manusia. Nah pada kesempatan kali ini akan membahas apa saja sebenarnya manfaat dari penghijauan untuk manusia. Untuk mengetahuinya apa saja manfaatnya, simak pada ulasannya berikut ini.

Berikut Manfaat Penghijauan bagi Manusia

Membantu dalam Menjaga Kualitas Air Tanah

Manfaat penghijauan bagi manusia yang pertama adalah membantu dalam menjaga kualitas air tanah yang semakin baik. Dengan adanya penghijauan maka bisa mengembalikan fungsi daerah resapan pada kota. Dengan proses penghijauan ini pastinya akan membuat menyeimbangkan proporsi luas lahan hijau dan juga zona yang digunakan untuk bangunan. Nah oleh sebab itu penghijauan ini sangat penting dalam mempertahankan zona hijau pada kota.

Membantu dalam Mencegah Banjir

Manfaat penghijauan untuk manusia berikutnya adalah membantu dalam mencegah terjadinya banjir. Di perkotaan sering mengalami banjir. Untuk mencegah terjadinya banjir dapat dilakukan dengan langkah penghijauan. Adapun daerah dari resapan air dapat berupa hutan kota, taman kota, dan juga lapangan bola. Adapun manfaat dari penghijauan pada kawasan tersebut adalah untuk membantu dalam mengurangi debit air pada saat musim hujan dikarenakan akan meresap ke dalam tanah dengan baik. Upaya penghijauan ini menjadi cara terbaik dalam membantu mencegah terjadinya banjir di perkotaan.

Membantu dalam Mengurangi Polusi Udara

Manfaat dari proses penghijauan berikutnya adalah membantu dalam mengurangi polusi udara. Proses penghijauan pada jalan berfungsi dalam membantu mengurangi polusi udara dari asap kendaraan bermotor. Hal ini pastinya akan mengurangi pencegahan dari pemanasan global yang dapat menyebabkan menipisnya lapisan ozon. Selain itu dengan penghijauan pada jalan akan membuat udara menjadi lebih segar karena karbon monoksida akan diserap dan pohon akan mengeluarkan oksigen.

Membantu dalam Mengurangi Dampak Hujan Asam

Manfaat proses penghijauan berikutnya adalah membantu dalam mengurangi dampak hujan asam. Hujan asam dapat disebabkan  polusi yang berasal dari asap kendaraan serta pabrik yang berdampak buruk bagi kualitas udara. Untuk membantu mengurangi polusi udara tersebyt maka dibutuhkan penghijauan seperti menanam pohon yang bisa menyerap karbon monoksida atau juga karbon dioksida. Dengan pepohonan akan membuat udara menjadi jauh lebih bersih.

Membantu Melindungi Satwa Liar

Dengan proses penghijauan ternyata tak hanya membantu dalam mengurangi polusi udara, tetapi juga membantu dalam melindungi satwa liar. Dengan adanya penanaman pohon akan membantu burung-burung langka yang hidup di perkotaan atau juga hewan langka lain yang hidup di alam bebas. Dengan begitu pastinya akan membantu dalam mencegah punahnya hewan langka.

Untuk manfaat lain dari proses penghijaun seperti mencegah efek dari rumah kaca, membantu dalam mengontrol iklim, mengurangi partikel dari debu, suplai pupuk alam, dan banyak lagi.

Baca

http://disehat.com/penyebab-dan-cara-mengobati-vertigo-secara-alami/

http://dbagus.com/cara-mengeriting-rambut-tanpa-alat-catok

http://disehat.com/gejala-akibat-kekurangan-vitamin-d/
http://disehat.com/penyebab-batuk-darah-dan-cara-mengatasinya/
http://disehat.com/daftar-makanan-penurun-kolesterol/
http://disehat.com/cara-menghilangkan-keloid-secara-alami/
http://disehat.com/penyebab-radang-tenggorokan-dan-cara-mengatasinya/
http://disehat.com/cara-mudah-meningkatkan-produksi-asi-ibu/
http://disehat.com/mengenal-manfaat-apel-untuk-kesehatan-dan-diet/
http://disehat.com/obat-pelangsing-tradisional-tanpa-efek-samping/

1 comment: