Tuesday, April 5, 2016

Cara Membersihkan dan Merawat Sepatu Kulit

Sepatu dengan bahan kulit memang harus membutuhkan perhatian khusus untuk hal perawatan. Ini dikarenakan sepatu dengan bahan kulit berbeda dengan sepatu yang menggunakan bahan biasa. Selain itu harga dari sepatu yang mnenggunakan bahan kulit memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan dengan sepatu dengan bahan biasa. Untuk cara mnembersihkan dan perawatan memang membutuhkan teknik tersendiri agar sepatu tetap awet. Nah pada kesempatan kali ini akan membahas mengenai beberapa cara membersihkan dan merawat sepatu kulit. Bagi Anda yang memiliki sepatu kulit, silahkan mencoba beberapa cara berikut ini!

Berikut Beberapa Cara dalam Membersihkan dan Merawat Sepatu Kulit

Menggunakan Sikat yang Lembut

Cara pertama dalam membersihkan dan juga merawat sepatu kulit adalah dengan menggunakan sikat yang lembut. Untuk membersihkan sepatu kulit usahakan untuk menggunakan sikat dengan permukaan yang lembut guna menghilangkan kotoran yang menempel pada permukaan kulit sepatu. Lantas kenapa menggunakan sikat dengan permukaan lembut? Hal ini sangat berguna untuk menjaga agar permukaan dari sepatu tetap awet dan tidak rusak.

Menggosok dengan Kain Lap dan Sedikit Air

Cara membersihkan sepatu kulit yang kedua adalah dengan menggosok menggunakan kain lap yang ditambahkan dengan sedikit air. Untuk cara yang satu ini usahakan juga menggunakan kain atau lap yang memiliki permukaan yang lembut. Berikan sedikit air pada lap atau kain tersebut, kemudian oleskan sedikit sabut ke atasnya dan gosok secara perlahan sampai dengan berbusa. Setelah menggosok secara perlahan kemudian bilas busa tersebut dengan air sampai dengan bersih. Setelah membilas dengan menggunakan air, keringkan bagian sepatu kulit dengan sendirinya.

Mengeringkan di Tempat yang Terbuka

Untuk cara berikutnya dalam membersihkan dan merawat sepatu kulit adalah dengan mengeringkan pada tempat yang terbuka. Usahakan untuk tidak meletakkan sepatu pada tempat dengan suhu yang panas atau di bawah sinar matahari secara langsung. Hal ini dapat menyebabkan sepatu menjadi rusak atau menyebabkan warna kulit menjadi luntur. Nah untuk mengatasi hal tersebut usahakan untuk mengeringkan sepatu pada tempat yang cukup terbuka saja dan cukup dengan mengangin-anginkan saja.

Gunakan Minyak Cerpelai

Cara berikutnya adalah dengan menggunakan minyak cerpelai (mink oil) untuk sepatu yang menggunakan bahan sintetis. Minyak cerpelai dapat membantu dalam sepatu dengan kulit sintetis akan menjadi lebih awet. Untuk menggunakannya Anda juga perlu membutuhkan kain lap dengan permukaan bersih kemudian menggosoknya dengan lap bersih secara perlahan.

Hindari Penggunaan Sepatu dalam Keadaan Basah

Cara berikutnya adalah dengan menghindari penggunaan sepatu dalam keadaan basah. Menggunakan sepatu kulit dalam keadaan basah dapat merusak bagian sepatu. Untuk itu ketika akan menggunakan sepatu kulit ada baiknya untuk memastikan bahwa sepatu kulit Anda benar-benar kering.

Simpan Sepatu pada Luar Kotak

Cara berikutnya adalah dengan menyimpan sepatu pada luar kotak. Berikan waktu paling tidak selama satu hari sebelum digunakan agar sepatu dengan bahan kulit dapat kering total. Dengan melakukan cara ini pastinya akan membuat sepatu kulit Anda akan lebih awet.

Demikianlah tadi beberapa cara membersihkan dan merawat sepatu kulit yang dapat Anda lakukan untuk mendapatkan sepatu kulit yang lebih awet dan tahan lama. Untuk cara lainnya adalah dengan menggunakan semprotan yang menggunakan bahan silikon. Untuk cara ini khusus untuk sepatu yang menggunakan bahan suede dengan begitu akan lebih cocok.

Baca











1 comment: